Head Line Tanjungpinang

Dinas PUPR Kota Tanjungpinang Perbaiki Ruas Jalan Rusak

Hendri ST, Kadis PUPR kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Untuk mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara yang melintas di seantero jalan raya sepanjang jalan yang ada di kota Tanjungpinang, lantaran kondisi jalan yang rusak, dalam tahun 2019, Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) kota Tanjungpinang, telah memperbaiki sebagian besar jalan berlubang dan rusak. Tujuannya, agar setiap pengendara, terhindar dari kecelakaan lantaran kerusakan jalan raya.

Soalnya, bagi pengendara yang mendapat kecelakaan di jalan raya, lantaran kondisi jalan yang rusak, adalah tanggungjawab Pemerintah daerah untuk memberi ganti rugi kepada pengendara. Sesuai dengan Undang-undang nomor 22 tahun 2009.

Sanksi yang dibebankan kepada Pemerintah Daerah, bisa dikenakan sanksi Pidana maupun sanksi denda. Terkait sanksi pidana, mulai dari satu tahun sampai lima tahun. Tergantung seberapa berat luka yang dialami korban. Sedangkan sansi denda, mulai dari 24 juta rupiah sampai 120 juta rupiah.

Menurut Hendri ST, Kepala Dinas PUPR kota Tanjungpinang, bahwa pihaknya telah membentuk tim unttuk memantau dan melaporkan setiap titik jalan raya yang rusak, “dari tahun 2019 dan untuk 2020, kita sudah bentuk Tim Penilik Jalan dengan tugas melakukan inventarisasi jalan rusak, baik jalan kategori kota maupun provinsi. Sehingga, dengan inventarisasi jalan tersebut dengan mudah melakukan perbaikan secara rutin,” ucapnya kepada wartawan.

Ditambahkannya. Biaya untuk perbaikan jalan itu, Pemerintah kota Tanjungpinang telah menyiapkan anggaran sebesar 800 juta rupiah pada tahun 2019, “Anggaran sebesar Rp 800 juta lebih tersebut, sudah kita gunakan untuk perbaikan jalan yang rusak. Baik unttuk kelas jalan kota, maupun jalan Provinsi. Apalagi jika perbaikan jalan rusak menggunakan anggaran besar, “tuturnya.

Selain itu, Kadis PUPR ini juga berharap, agar masyarakat kota Tanjungpinang mau berperan aktif dalam memberi informasi mengenai jalan yang rusak di wilayahnya masing-masing, “Untuk lebih mempermudah dalam penanganan jalan rusak, kami mengimbau masyarakat dapat menginformasikan kepada kami titik-titik jalan yang rusak, sehingga bisa cepat teratasi agar tidak menyebabkan kecelakaan, “katanya.

Ternyata kegiatan itu disambut positif oleh Sholikin, ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Berantas Korupsi (Gebrak) Provinsi Kepulauan Riau. Menurutnya, secara estafet, Dinas PUPR kota Tanjungpinang telah memberi keselamatan kepada sejumlah pengendara yang melintas di sepanjang jalan kota Tanjungpinang, “saya menilai, kegiatan itu pantas diacungi jempol. Soalnya, tanpa disadari, Dinas PUPR telah memberi keselamatan kepada banyak pengendara. Makanya, jangan malas memberitahu kepada dinas PUPR, ketika menemukan jalan raya yang rusak dan berlubang, “sebutnya. (Ahin)