Head Line Tanjungpinang

Aksi Kemanusiaan 11 LSM dan Ormas Membagi Sembako, Telah Terlaksana

Alfi. S Arifin, ketua Pelaksana Kegiatan Kemanusiaan Pandemi Covid (KPC).

Kepri, gebraknusantara.co.id

Aksi kemanusiaan membagi paket Sembako terhadap warga yang terdampak Pandemi Covid-19, yang diwacanakan oleh 10 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas), yang digaungkan sejak beberapa pekan lalu, akhirnya terlaksana.

Ratusan paket sembako telah dibagikan kepada masing-masing kordinator hari ini (01/07/2020). Pembagian tersebut berlangsung di Pos Induk KPC (Kemanusiaan Pandemi Covid), yang berada di Kilometer 16 Kabupaten Bintan.

Proses pembagian dirasa cukup menguras tenaga, dilakukan dengan ikhlas oleh segenap panitia pelaksana. Wajar jika panitia pelaksana kelelahan dalam menjalankannya. Pasalnya, tak sedikit jumlah paket yang harus dibagikan.

Ketua Panitia Pelaksana berfoto bersama Suhenda, Kepala Desa Toapaya Selatan.

Salah seorang panitia menyebutkan, “iya bang terasa juga capeknya. Tapi ya udah lah. Kami pun ikhlas kok mengerjakannya. Setiap paketnya, kami bersama-sama mengisinya, “ujarnya di depan Posko.

Setelah rampung dalam pembagian, media ini coba menemui Alfi. S Arifin, yang dipercaya sebagai ketua pelaksana kegiatan. Alfi, sapaan akrabnya, mulai membeberkan system’ pembagian yang dilakukan bersama rekan-rekan, “Alhamdulillah . . . Proses pembagian ke semua Kordinator sudah terlaksana. Dan semuanya berjalan seperti apa yang diharapkan. Memang ada keterlambatan dalam proses pembagian. Tapi itu  bukan masalah, “sebut Alfi.

Ditambahkannya. Sebenarnya kami sudah mengundang beberapa pejabat Bintan dan Tanjungpinang untuk menghadiri acara ini.  Mungkin karena bertepatan dengan hari Bhayangkara, jadi para undangan itu tidak bisa hadir.

Salah satu LSM yang menyelenggarakan kegiatan, berfoto bersama warga yang menerima paket sembako.

Karena keterbatasan bahan baku, akhirnya Panitia memutuskan, untuk satu kordinator, mendapat 50 paket. Sedangkan jumlah LSM dan Ormas yang melaksanakan kegiatan ini ada 10 lembaga. Berarti, paket yang bakal dibagikan, sebanyak 500 buah, “sebut Alfi.

Disini perlu juga saya jelaskan, lanjutnya. Bahwa paket sembako yang telah didistribusikan kepada setiap Kordinator, agar dibagikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Jangan sampai salah sasaran, “pesannya.

Masih menurut Alfi. Saya juga menghimbau kepada semua Kordinator, jangan sampai paket sembako itu diperjualbelikan. Jika besok lusa ada temuan yang menjualnya, tanpa kordinasi, saya akan membawanya ke ranah hukum. Soalnya, kegiatan ini nantinya harus dipertanggungjawabkan kepada yang memberi bantuan, “katanya.

Saya juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada segenap donatur yang telah rela memberi bantuan terhadap kegiatan ini. Karena, tanpa mereka, kegiatan ini tak akan bisa terlaksana.

Terlebih kepada pak Isdianto, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kami dari  LSM dan Ormas yang menyelenggarakan kegiatan kemanusiaan ini, mengucapkan ribuan terimakasih, “ucapnya.

Intinya, kata Alfi menutup penjelasannya. Kegiatan ini saya anggap sukses. Dan perlu dicatat, bahwa kegiatan seperti ini bukan hanya sampai disini. Jika Tuhan berkehendak, pada akhir bulan Juli mendatang, tahap kedua akan digelar lagi. Nanti akan diberitahukan perkembangan selanjutnya kepada masyarakat, “beber Alfi di depan Posko Induk.

Warga lanjut usia ini merasa senang saat menerima bingkisan sembako. 

Terpisah, Sholikin, ketua LSM Gerakan Berantas Korupsi (Gebrak) DPD Provinsi Kepri, salah satu LSM yang ikut menggelar kegiatan ini mengatakan, “untuk kegiatan tahap berikutnya, saya harap rekan-rekan yang mengumpulkan data warga, supaya lebih selektif dalam pengumpulan data. Artinya, jangan sampai ada data yang ganda. Karena hal itu akan merepotkan panitia dalam bekerja, “sebutnya. (Richard).