Lingga

MTQ VIII Provinsi Kepri 2020 Resmi Dibuka Wakil Menteri Agama RI

Lingga (Media Center) – MTQ VIII Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 resmi dibuka di Astaka tepi laut Kota Tanjungpinang. Sabtu malam (19/9)

Acara pembukaan diawali dengan tari kolosal diiringi marching band dari Tunas Gurindam Kwarda Kepri dan dilanjutkan dengan penampilan kafilah dari masing-masing Kabupaten Kota se Provinsi Kepulauan Riau.

Agenda acara kemudian dilanjutkan penyerahan piala bergilir oleh Kabupaten Karimun kepada Gubernur Kepri dan diteruskan dengan pembacaan kalam ilahi ayat suci Al-Qur’an oleh 3 Qoriah terbaik Provinsi Kepulauan Riau Anisa Febrika, Siska Wulandari dan Zulaikha serta dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Arif Fadillah selalu ketua panitia MTQ menyampaikan pembukaan perhelatan MTQ ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau ini dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan dikarenakan dampak daripada pandemi covid-19.

“Kita berharap pelaksanaan MTQ ini dari awal hingga berakhirnya kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan kita semua tetap terjaga dari wabah covid-19” sebut Arif Fadillah yang juga sebagai Sekda Provinsi Kepulauan Riau.

Sementara ditempat yang sama, Gubernur Kepri Isdianto dalam sambutannya mengucapkan terimakasihnya kepada Wakil Menteri Agama RI yang telah sudi hadir dalam acara pembukaan MTQ ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau.

“Alhamdulillah perhelatan MTQ ke VIII ini dapat kita laksanakan meski dalam keadaan new normal dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan” sebut Isdianto.

Dia menjelaskan perhelatan MTQ ini bermaksud sebagai evaluasi untuk pembinaan dalam pembacaan Al Qur’an, sebagai pembentukan akhlak sumber daya manusia, dan juga sebagai upaya mempererat tali persaudaraan dan silaturahmi serta sebagai persiapan untuk menghadapi perlombaan MTQ tingkat nasional.

“Kita berharap pada MTQ Nasional yang akan datang, Provinsi Kepulauan Riau dapat memperoleh yang terbaik dari tahun sebelumnya” harap Gubernur Kepri ini.

Dia juga berharap, semoga pandemi covid-19 ini akan segera berakhir agar semuanya dapat berjalan seperti sediakalanya.

Hadir sebagai Wakil Menteri RI, K.H Zainut Tauhid Sa’adi mengucapakan momen MTQ ini sangat spesial untuk membangkitkan jiwa islami Indonesia.

“MTQ ini adalah sebagai syi’ar Islam yang harus dilestarikan dibumi Indonesia ini untuk melahirkan bibit-bibit Al Qur’an yang Qur’ani.

Dia menambahkan MTQ ini bukan sebagai ajang adu gengsi namun ialah sebagai upaya menghidupkan budaya Islam dan melahirkan insan-insan yang cinta Al Qur’an.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya mewakili Menteri Agama RI membuka MTQ ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau secara resmi”

Sebagai resminya pembukaan MTQ ke-VIII Provinsi Kepulauan Riau ini, Wakil Menteri Agama RI didampingi Gubernur Kepri melakukan pemukulan beduk tanda MTQ dimulai. (SMI)

Sumber: Humas

Add Comment

Click here to post a comment