Bangkai Kapal Tongkang di Perairan Desa Mensanak, Mulai Jadi Incaran

0
6

Lingga, gebraknusantara.co.id 

Peristiwa tenggelamnya Kapal Tongkang berlabel Robby 029 di perairan desa Mensanak Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang terjadi akhir tahun 2019 lalu, lantaran dihantam gelombang laut, kini telah menjadi bangkai kapal yang terhonggok ditengah laut.

Selama tiga tahun, bangkai kapal itu tampak terbiar tanpa ada yang peduli. Tapi kini, bangkai kapal itu mulai jadi incaran komunitas pengumpul besi tua. Bahkan rumor berkembang, bahwa bangkai kapal itu mulai ditarik ke tepi. Dan disebut-sebut juga, upaya penarikan bangkai kapal itu dilakoni oleh pengusaha dari Batam.

Proses penarikan bangkai kapal itu, justru jadi gunjingan hangat ditengah-tengah masyarakat Lungga. Kamis (30/06/2022), Mansur, Kepala Desa (Kades) Mensanak coba dikonfirmasi melalui Ponsel nya. Tapi, Mansur mengaku hanya setakat mengetahui kegiatan itu,

“Saya memang mengetahui kegiatan itu. Tapi saya tidak bisa mengklaim kapal itu. Karena, itu bukan kapal saya. Atau, coba tanya saja langsung sama pengusahanya. Karena, dia yang membawa pekerja untuk menarik kapal Tongkang itu.  Beliau tinggal di Batam, “ujar Mansur memberi arahan.

Esoknya, pengusaha bernama Arus asal kota Batam yang diarahkan pak Kades itu,  dikonfirmasi ke Ponselnya. Arus mengatakan, “kalau mau lebih jelas, coba ditanyakan saja ke pak Kepala Desa, “kata Arus memberi arahan.

Sepertinya, kedua orang ini saling lempar atau terkesan  buang badan. Sebelumnya, pak Kades mengarahkan ke pak Arus. Sedangkan pak Arus malah mengarahkan media ini ke pak Kades. Membingungkan memang.

Setelah dijelaskan, pengusaha bernama Arus itupun mulai mengaku, bahwa dirinya lah yang akan menarik bangkai kapal itu, “iya . . . Memang kita yang akan menarik bangkai kapal itu. Yang pasti, bangkai kapal itu masih di tengah laut, “kata Arus mengaku.

“Terus terang, lanjut Arus. Kami mengerjakan kegiatan itu, atas nama perorangan. Artinya, tidak menggunakan perusahaan yang berbadan hukum, “tuturnya.

Bangkai Kapal Tongkang bernama Robby 029 itu, telah terbenam selama tiga tahun. Yang jadi pertanyaan, boleh kah bangkai Kapal Tongkang Bernilai miliaran rupiah itu ditarik oleh perorangan ? Wallahualam . . . ! !  (Richard/Maniur).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini