LSP Pers Indonesia Sukses Gelar Sertifikasi Kompetensi Wartawan Lisensi BNSP-RI

0
6

Batam, gebraknusantara.co.id

Untuk mengikuti perkembangan zaman dalam menggeluti profesi wartawan, setiap wartawan sudah waktunya mengikuti uji kompetensi, agar ke depannya, mampu menjalankan profesi jurnalistik yang profesional. Sekaligus, menghilangkan asumsi miring yang sempat menyeruak di negeri ini, tentang sebutan wartawan abal-abal.

IMG 20220724 120247

Untuk itu, LSP Pers Indonesia, terpanggil untuk  melaksanakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) di sejumlah daerah di negeri ini. Setelah sukses melaksanakannya di beberapa daerah, DPI kembali menggelar kegiatan yang sama di kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kegiatan itu berlangsung di gedung Universitas Batam (Uniba). Dimulai sejak hari Jumat tanggal 21 July hingga 22 July 2022.

Sebanyak 35 orang peserta dari kota Batam dan kota Tanjungpinang, diuji oleh lima orang Asesor, yang dikomadoi oleh Mangapul Matondang. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan tim dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP-RI). Dan juga dihadiri Heince Mandagie, Ketua Dewan Pers Indonesia (DPI).

IMG 20220724 120229

Sesuai Tupoksi nya, BNSP adalah lembaga yang punya kewenangan untuk menerbitkan Sertifikat terhadap siapa saja yang menggeluti profesi. Dan Sertifikat produk BNSP-RI diakui oleh negara.

Selama tiga hari, 35 orang peserta yang mengikutinya, digembleng dan diberi pemahaman tentang jurnalistik. Sekaligus diuji sesuai level klasifikasi yang dipilih. Ada beberapa tingkatan yang diperoleh selama mengikuti uji Kompetensi itu. Diantaranya, Wartawan Muda, Reporter Muda Kameramen, Madya, dan Utama.

Sabtu, (23/07/2022) kemarin, seluruh kegiatan selesai dilaksanakan. Dan seluruh peserta dinyatakan lulus dalam uji kompetensi itu. Hali itu disampaikan salah seorang yang mengikutinya. Dikatakannya, “iya bang. Kami sudah selesai mengikuti acara SKW itu. Kami semua yang mengikutinya ada 35 orang dan semua dinyatakan lulus, “katanya.

Dari semua yang lulus, lanjut wartawan ini dengan senyum sumringahnya, adalah Sertifikasi Utama, “tuturnya di Tanjungpinang. (Richard).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini