Dirjen Perhubungan Laut RI Gelar Diklat Keterampilan Pelaut di Kepri

0
135
Dirjen Perhubungan
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Junaidi, SE, MH saat memberikan kata sambutan.
Batam, gebraknusantara.co.id – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, melalui Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar program Diklat Basic Safety Training bagi Nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) tahun 2021.

IMG 20211116 182913 compress22

Kegiatan ini merupakan program Pendidikan dan Latihan (Diklat)  khusus keterampilan pelaut yang akan menempa peserta menjadi Tenaga Pelaut yang Handal dan Terampil. Para peserta akan  mempelajari pemahaman dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Peraturan Perundangan K3, jenis-jenis Alat Pelindung Diri dan Organisasi Keadaan Darurat (ERT).

IMG 20211116 182833 compress56

Jika dinyatakan lulus, peserta bakal  mendapatkan Sertifikat dasar wajib Mandatory yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan  Laut Kementerian Perhubungan RI. Sertifikat ini sangat diperlukan bagi seorang tenaga pelaut yang bekerja diatas kapal.

IMG 20211116 182931 compress23

Program Diklat  Basic Safety Training bagi Nahkoda dan ABK Tahun 2021 ini, telah dimulai sejak tanggal 11 November 2021 sampai 16 November 2021. Jumlah peserta yang mengikuti acara tersebut sebanyak 20 orang. 18 orang laki-laki dan 2 orang peserta perempuan. Umumnya, peserta yang mengikuti kegiatan itu adalah, para Operator Kapal Penumpang yang telah menjadi mitra PT. Jasa Raharja cabang Kepri.

Sebagai Narasumber dalam kegiatan itu, didatangkan tenaga  pengajar dari Maritim National Training Centre, Tenaga Ahli dari Kantor KSOP Khusus Batam, PT. Jasa Raharja cabang Kepri dan PT. Jasaraharja Putera cabang Batam.

Acara tersebut digelar di gedung Lembaga Diklat Pelaut Maritime National Training Centre, Kompleks Pendidikan dan Wisata Maritim Blok A, Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota, Kota  Batam.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu, diikuti oleh Haryo Pamungkas, Kadiv Pelayanan PT. Jasa Raharja secara virtual zoom.

Selain itu, Mulyadi, Kepala Jasa Raharja cabang Kepri. Capt Moh. Sidqon. MM.M.Mar, Direktur Maritime National Training Centre dan Bonster Jaya Tampubolon, Kepala PT. Jasaraharja Putera cabang Batam serta Capt Artony, perwakilan KSOP Khusus Batam.

Dibalik kegiatan yang berlangsung mulus itu, Junaidi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri menyebutkan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan itu, “pada dasarnya, Provinsi Kepri sangat  mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. Jasaraharja Putera itu. Mudah-mudahan ke depannya,  kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan di Tanjungpinang atau di Kabupaten lain di Provinsi Kepri, “ujarnya. (Ahin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini