Diskusi Soal Penguatan Kelembagaan Dan Pengembangan Kawasan Terkait Pembangunan Indonesia Maju

0
15
Diskusi
Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli dan Kapolda Kepri Irjen Pol. Aris Budiman Bulo.
Kepri, gebraknusantara.co.idPertemuan persahabatan dan diskusi strategis Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli bersama Kapolda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol. Dr. Aris Budiman Bulo, M.Si, dan mantan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Dr. H.M. Soerya Respationo, S.H., M.H.

Pertemuan itu berlangsung, Rabu, (16/03/2022), di Ruang Kerja Kapolda Kepri, Nongsa -Kota Batam. Dalam pertemuan itu, dihadiri juga Kepala Bidang (Kabid) Propam Polda Kepri Kombes Pol. Stefanus Tamuntuan dan Direktur Pamobvit Polda Kepri Kombes Pol. Harris.

IMG 20220321 004008 compress80
 Kapolda Kepri Irjen Irjen Pol. Aris Budiman Bulo, Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli, Mantan Wagub Kepri Dr. H.M. Soerya Respationo, S.H., M.H, Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol. Stefanus Tamuntuan dan Dir Pamobvit Polda Kepri Kombes Pol. Harris.

Dalam setelah acara tersebut, berlangsung juga pertemuan antara Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Gerry Yasid dengan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang,  Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH dan Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli.  Pertemuan itu berlangsung Kamis, (17/03/2022), di Kota Tanjungpinang.

IMG 20220321 003951 compress51
 Ketua Dewan pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri Gerry Yasid, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, Asisten Intelijen Kejati Kepri Lambok Sidabutar, dan Koordinator Kejaksaan Tinggi Kepri Firman Halawa.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Asisten Intelijen Kejati Kepri Dr. Lambok Sidabutar, S.H, M.H, Dr. Firman Halawa (Koordinator Kejaksaan Tinggi Kepri, yang juga merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Pertemuan dengan Ketua Dewan Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli itu, juga menghadirkan sejumlah rekan Jurnalis yang bertugas di Kota Tanjungpinang. Kamis, (17/03/2022).

IMG 20220321 003842 compress28
 Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli saat menerima Kunjungan dan berdiskusi bersama DPD Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Provinsi Kepri

Sembari bersama sejumlah Jurnalis dari DPD Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Provinsi Kepri dan Anggota Polri, juga mengunjungi beberapa kawasan wisata di Kota Tanjungpinang. Tapi dalam perjalanan, sontak terlihat Pulau Penyengat yang dinilai penuh pesona. Ditambah lagi, pulau tersebut ternyata sangat dekat dengan Kota Tanjungpinang.

IMG 20220321 003914 compress60

Sementara, pulau yang satu ini merupakan sebuah kawasan yang memiliki riwayat sejarah Melayu yang sangat kuat. Bahkan, memiliki historis sejarah dan kebudayaan yang sangat tinggi. Bukan hanya itu. Pulau Penyengat juga menyimpan segudang historis tentang lahirnya bahasa pemersatu Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu. Selain itu, juga tersimpan segudang keberadaan dan peninggalan Masjid dan isinya. Ditambah lagi dengan  keberadaan dan peninggalan Istana Kerajaan/Kesultanan Riau Lingga berserta isinya.

IMG 20220321 004030 compress71

Firman Jaya Daeli, yang ternyata juga mantan Pansus UU Pembentukan Provinsi Kepri serta Tim Perumus UU Kepolisian dan UU Kejaksaan di DPR-RI (Komisi Politik dan Hukum), berkesempatan menyampaikan sejumlah pemikiran pokok utama dan perspektif strategis, tentang penguatan dan pembangunan kelembagaan Kepolisian dan Kejaksaan. Dan juga, institusi Parlemen dan peran media untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan serta kepariwisataan. Pertemuan dan diskusi itu, juga berkaitan dan berintikan pada pengembangan dan pemajuan Provinsi Kepri dan kawasan.

Selain itu, berlangsung juga pertemuan dan diskusi antara Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Idianto bersama dengan Firman Jaya Daeli. Pertemuan tersebut berlangsung Jumat, (18/03/2022) di Ruang Kerja Kajati Sumut.

IMG 20220321 004050 compress27
 Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Daeli dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Idianto. (18/03/2022)

Substansi pertemuan dan narasi diskusi, pada dasarnya berkaitan pada peningkatan dan percepatan pelayanan institusi Kejaksaan serta pembangunan dan pemajuan Provinsi Sumut dalam kerangka Indonesia Raya.

Pada pertemuan itu, Firman Jaya Daeli menyampaikan pemikiran strategis dan pengalaman empirik tentang hal  tersebut. Sementara itu, Kajati Sumut Idianto yang pernah menjabat Wakil Kajati Provinsi Lampung, Kajati Provinsi Bali, Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis Nasional sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung RI, Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara sebagai Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Tipidum) di Kejaksaan Agung RI, juga diberi kesempatan menyampaikan perspektif yang sama. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini