Ditenggarai Tak Berizin, Penarikan Bangkai Kapal Tongkang di Perairan Mensanak Perlu Diawasi

0
3

Lingga, gebraknusantara.co.id

Kapal Tongkang Robby 029, yang karam di perairan desa Mensanak Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga akhir Desember tahun 2019 lalu, rencananya akan ditarik ke tepi pantai. Sementara, perusahaan pemilik Tongkang itu belum diketahui. Lalu izin apa yang dimiliki pihak yang ngotot hendak mengangkat bangkai Kapal Tongkang itu ?

Mengingat belum jelas diketahui siapa sebenarnya pemilik Kapal Tongkang itu, diharapkan kepada Aparat Penegak Hukum (APH) yang bertugas di daerah itu, agar lebih inten dalam  mengawasinya. Takutnya, ada pihak-pihak yang hendak mengambil keuntungan dari bangkai kapal itu.

Ketika seseorang akan menarik atau mengangkat bangkai kapal dari Dasar laut, wajib mematuhi aturan yang ada. Seperti yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 tahun 2014, tentang Pencegahan Pencemaran Lingkungan Maritim, yang tertuang di dalam pasal 51 sampai 56.

Seperti pemberitaan terdahulu di media ini, bahwa pengusaha asal kota Batam bernama Arus yang berencana mengangkat bangkai kapal itu. Hal itu sesuai dengan pengakuannya kepada media ini, saat dikonfirmasi melalui Ponsel nya kemarin.

Sama halnya dengan pengakuan Mansur, Kades Mensanak ketika ditanya tentang kegiatan itu. Mansur mengaku, kalau dirinya  mengetahui ada pihak yang sedang berupaya menarik bangkai kapal itu.

Herannya, mengapa pak Kades ini tidak melaporkan kegiatan itu kepada pihak-pihak yang  berkompeten. Padahal, kegiatan itu berdampak langsung terhadap aktivitas nelayan di wilayah itu. (Richard/Maniur).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini