FSPSI Kepri Harapkan Pelabuhan Tanjung Mocoh Dioperasikan Kembali

0
97
IMG 20210322 234502 compress98Usai membahas tentang Dermaga Tanjung Mocoh, ke-empat tokoh ini berfoto bersama. 

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Ketua Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F-SPSI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mulai melirik kondisi Pelabuhan Tanjung Mocoh di Dompak Kelurahan Bukit Bestari, kota Tanjungpinang.

Menurutnya, Dermaga yang dibangun menggunakan dana  APBN itu, pernah dioperasikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Tapi, hanya sebentar. Sampai saat ini, Dermaga tersebut seakan terbiar. Melihat kondisi Pelabuhan yang tak difungsikan itu, akhirnya Darsono, Ketua F-SPSI Provinsi Kepri ini menginginkan agar Pemda mengaktifkannya kembali.

IMG 20210322 234530 compress25Kondisi Dermaga Tanjung Mocoh belum lama ini diabadikan. 

Senin (21/03/2021), Darsono bersama tokoh masyarakat Dompak, mengadakan pertemuan, guna membahas keinginan warga Dompak dan sekitarnya, agar Pelabuhan itu kembali fungsikan. Jika kelak  pelabuhan itu berfungsi, bisa merekrut banyak peluang kerja,
“Coba kita lihat di daerah kita ini, banyak pelabuhan-pelabuhan yang diduga ilegal. Tapi bisa terus  beroperasi. Sementara pelabuhan Tanjung Mocoh yang jelas-jelas resmi, justru terhenti. Ada apa sebenarnya Ini, “ujar ketua F-SPSI Ini.

Ditambahkannya, “Jika  Pelabuhan Tanjung Mocoh kembali difungsikan, tentu saja segala aktivitas bisa berjalan dengan lancar. Bukan hanya itu, malah bisa menciptakan penambahan PAD buat daerah ini, “katanya.

Masih menurut Darsono. “Kami dari Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, khususnya Kepri, berharap agar Pelabuhan Tanjung Mocoh diaktifkan lagi. Paling tidak, ada uji coba dengan system pengoperasian secara tertib. Sedangkan nilai positifnya, jika pelabuhan ini beroperasi, akan mampu menurunkan berbagai jenis harga Sembako yang saat ini cenderung mahal. Dan nantinya, kita akan buat kartu anggota buruh, segala surat menyurat yang sesuai dengan Perda, agar ada legal standing, “ujarnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Hasan Datan. Pria yang dianggap sebagai tokoh masyarakat di Dompak  ini menyampaikan, “sebagai masyarakat, kami sangat berharap kepada pihak-pihak terkait kegiatan pelabuhan Tanjung Mocoh ini, aga bisa beraktivitas lagi. Hal ini semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Dompak, “ucap Atan.

“Saat ini, lanjut tokoh masyarakat Dompak ini. Kita tidak tau kendala apa yang membuat Pelabuhan Tanjung Mocoh ini tidak beroperasi lagi. Kalau masalah tenaga atau buruh, kami siap berkerja, “ucapnya.

Sama halnya dengan H. M Sani, Sekretaris APBMI (Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia) Provinsi Kepri. Dikatakannya, ” APBMI mendukung sepenuhnya  kegiatan bongkar muat di pelabuhan Tanjung Mocoh. Dan kita harus optimis, bahwa pelabuhan tersebut bisa di operasikan kembali, “sebutnya.

“Mengingat dan menimbang, kata Sani melanjutkan. Karena pelabuhan yang di batu 6 Kijang Lama, sudah sangat padat.  Sehingga, banyak yang harus ngantri. Tentu saja akan banyak mengabiskan waktu, “pungkasnya.

Mengingat banyaknya aktivitas bongkar muat di daerah ini, ada baiknya pelabuhan tersebut diaktfkan saja. Selain itu, dampak Pandemi Covid-19 yang telah meluluhlantakkan perekonomian keluarga, jika pelabuhan ini kembali beroperasi, tentu akan menciptakan lapangan pekerjaan. (Richard).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini