Ikan Air Tawar Dapat Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah

0
97
ikan air tawar lele dumbo
Sumber Foto : https://arenahewan.com/perbedaan-ikan-lele-jantan-dan-betina
Tanjungpinang, gebraknusantara.co.idDi artikel saya ini akan menjelaskan mengenai Ikan Air Tawar (Lele).  Namun, kita akan menjelaskan apa dulu itu ikan. Ikan adalah hewan yang menghabiskan hidup nya di dalam air dan bernafas menggunakan insang. Ikan hidup  di air asin, air tawar serta ada ikan yang hidup di air payau. Ikan air asin sendiri merupakan jenis ikan yang hidup di air asin seperti laut. Lalu ikan air tawar merupakan ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, danau dan sungai.

Sedangkan ikan air payau adalah ikan yang hidup di air tawar dan air laut. Di artikel ini saya akan membahas mengenai jenis ikan yang ada di air tawar dan saya mengambil contoh ikan Lele.

ikan air tawar lele dumbo
Ilustrasi : Bentuk Ikan Lele dewasa yang siap dipasarkan.  Sumber Foto : https://agrozine.id/cara-mudah-ternak-lele-dari-telur/

Ikan lele merupakan ikan yang sangat mudah ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Karena ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Banyak juga pembudidaya ikan yang membudidayakan ikan jenis ini
Karena ada beberapa jenis ikan Lele yang cepat berkembang biak. Ikan Lele dikenal dengan tubuhnya yang licin agak pipih memanjang dan memiliki kumis yang panjang di sekitaran mulut seperti kumis kucing.

Ikan ini memiliki nama ilmiah clarias dan dalam bahasa Inggris nya Catfish. Lele juga memiliki alat pernapasan tambahan berupa modifikasi dari busur insangnya. Terdapat sepasang patil, yakni duri tulang yang tajam, pada sirip-sirip dadanya.

Ada yang mengatakan bahwa, patil ini tidak hanya tajam tetapi juga beracun dan mengakibatkan panas tinggi jika orang tak sengaja terkena patil tersebut. Ikan Lele merupakan salah satu dari sekian banyak ikan yang disebut hewan nocturnal (yang mencari makan di malam hari). Makanan ikan Lele sendiri jika di alam ia memakan serangga yang jatuh ke air, cacing tanah, bekicot, eceng gondok dan anak katak.

ikan air tawar lele dumbo
Sumber Foto : https://agrozine.id/cara-mudah-ternak-lele-dari-telur/

Pada saat ikan Lele di budidayakan, pakan yang diberikan berupa Pelet, udang-udangan, fermentasi ampas tahu, ikan-ikan yang sudah dipotong kecil-kecil, detritus yang ada di dasar kolam hingga jangkrik ataupun belalang.

Jika teman-teman sekalian ingin membudidayakan ikan Lele ini,  saya menyarankan untuk membudidayakan ikan Lele Dumbo.

Kenapa kak harus Lele Dumbo ?
Sebenarnya tidak hanya Lele Dumbo  ini saja. Lele jenis lain pun bisa untuk di budidayakan. Saya hanya memberikan saran saja. Karena Lele Dumbo mudah beradaptasi serta melakukan perkembang biakannya yang relatif cukup cepat. Ikan Lele Dumbo memiliki ukuran yang cukup besar. Dan bisa dibilang patil dari lele ini tidak tajam. Hal inilah yang banyak pembudidaya ikan Lele memilih untuk membudidayakan ikan lele Dumbo. Ikan Lele Dumbo juga memiliki harga jual yang cukup tinggi. Per kilogram nya saja bisa sekitaran Rp 18.000-26.000/kg. Harga ini bisa dibilang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan jenis ikan Lele lainnya.

Namun kelemahan dari ikan Lele Dumbo ini yaitu dagingnya yang cukup lunak dan mudah hancur. Tapi tidak mengubah cita rasa dari ikan Lele ini. Apalagi jika dapat mengolahnya dengan baik.

Nah temen-temen sekalian, pasti sudah pada tahu bukan mengenai ikan Lele. Banyak rumah makan yang membuat atau menjadikan ikan Lele sebagai menu makanan yang berkualitas. Tak jarang masyarakat Indonesia sendiri menyukai menu makanan ini.

Banyak teman-teman pasti tahu bukan kalau ikan Lele adalah menu wajib untuk tempat makan Pecel Lele. Tak jarang juga masyarakat Indonesia memilih untuk makan bersama di rah makan Pecel Lele.

Nama : Andika Rizki Prayoga
Nim : 2002010020.
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Fakultas : Ilmu Kelautan dan Perikanan.
Jurusan : Ilmu Kelautan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini