Kabaharkam Polri Pimpin Upacara HUT Satpam ke 41 di Polda Kepri

0
8
Batam,  gebraknusantara.co.idBertempat di Lapangan Upacara Polda Kepulauan Riau telah dilaksanakan upacara peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke 41 tahun 2022 yang dipimpin Langsung Oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, M.Si., Rabu (02/02/2022).

Kabaharkam Polri

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang dibacakan oleh  Kabaharkam Polri Komjen Pol Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si selaku inspektur upacara menyampaikan ucapkan Selamat Ulang Tahun ke-41 kepada seluruh anggota Satuan Pengamanan (Satpam) dimana pun bertugas.

Kabaharkam Polri

Semoga Satuan Pengamanan senantiasa profesional dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas dan kehadirannya semakin dirasakan oleh masyarakat.

Kabaharkam Polri

“Saya juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap Stakeholder lainnya atas kerja keras dan pengabdiannya dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Serta Dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini. Marilah kita sejenak mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A, yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan, dan memajukan Satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia, “ucap Kabaharkam Polri Komjen Pol Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si.

Kabaharkam Polri

Polri menyadari, bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya yang dimiliki oleh Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi. Berangkat dari permasalahan tersebut, Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, M.P.A, mulai melakukan berbagai penelitian dan studi banding. Untuk membentuk suatu pengamanan swakarsa yang menggalang partisipasi masyarakat. Dimana latihan dasarnya diberikan oleh Kepolisian.

Selanjutnya, Kabaharkam Polri menyampaikan, bahwa Polri akan terus meningkatkan dan menjaga profesionalisme Satpam melalui pelatihan dan uji kompetensi Satpam. Baik tingkat Gada Pratama, Gada Madya, dan Gada Utama. Satpam yang direkrut dan telah selesai melalui proses pelatihan akan langsung mendapatkan Sertifikat, Ijazah, dan Kartu Tanda Anggota.  Satpam sebagai kelengkapan administrasi dalam melaksanakan tugas. Dengan pelatihan dan uji kompetensi ini, Satpam tentunya memiliki kompetensi khusus yang tidak dimiliki oleh masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, Satpam merupakan suatu profesi yang patut menjadi suatu kebanggaan.

“Selain itu, Satpam juga telah berperan dalam pengendalian pandemi Covid-19. Satpam berperan penting dalam mengawasi kedisiplinan masyarakat terhadap Protokol Kesehatan di lingkungan atau kawasan tugasnya. Seperti di pasar, pusat perbelanjaan, pabrik, dan tempat pariwisata. Kami berpesan kepada seluruh peserta upacara pada hari ini untuk menjadi teladan dalam hal kepatuhan terhadap protokol kesehatan dimanapun berada, “tegas Komjen Pol Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si

“Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh anggota Satuan pengamanan yang telah membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan atau kawasan tugasnya. Pada kesempatan ini, Kami juga berpesan kepada seluruh Satpam di manapun berada agar senantiasa menanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam. Dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan kode etik dan profesi Satpam dan prinsip penuntun tugas satpam, “tutup Kabaharkam Polri. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini