Banyak Warga Desa Pengujan Kabupaten Bintan Tak Kebagian Dana Bansos

0
103
Kabupaten Bintan
Zulfitri, Kepala Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan.
Bintan, gebraknusantara.co.id – Perekonomian masyarakat saat ini memang tampak semakin tak menentu. Hal ini terjadi akibat bencana Pandemi Covid-19, yang sampai saat ini masih menghantui. Namun, pemerintah pusat tidak tinggal diam. Cukup banyak jenis bantuan yang disalurkan kepada masyarakat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan. Bahkan sampai ke pelosok desa.

Di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) misalnya, Bantuan Sosial (Bansos) telah disalurkan sampai ke tingkat desa di seluruh wilayah Kepri. Sayangnya, ada saja pejabat desa yang mendata dan membagikan bantuan itu, terkesan berperilaku tidak adil.

Di desa Pengujan Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) misalnya. Baru-baru ini telah membagikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakatnya. Khusus bagi masyarakat yang punya usaha kecil-kecilan di rumah.

Tapi, dalam proses pembagian, belakangan muncul rumor tak sedap. Disebutkan, pembagian Bansos di desa Pengujan Kabupaten Bintan pilih kasih. Bahkan, banyak yang menerima Bansos itu tidak punya usaha,

IMG 20210814 181726 compress13
Meli (41th), warga desa Pengujan yang merasa tidak ada keadilan dalam proses pembagian Bansos di desanya.

“Saya merasa, bantuan PPKM dan PKH tidak tepat sasaran. Dan juga bantuan UMKM. Karena, banyak usaha kecil yang tidak mendapatkan. Sementara, orang-orang yang bekerja di kantor desa maupun Kaur desa mendapakan bantuan tersebut. Tujuan bantuan itukan untuk usaha kecil. Bukan untuk usaha besar ataupun pekerja di kantor desa, “kata Meli.

Ditambahkannya, banyak warga yang punya usaha kecil, tapi tak mendapatkan. Bahkan, ada warga yang tak punya usaha, justru mereka dapat, “tutur Meli (41th).

Keluhan Meli diamini warga lainnya bernama Emi. Wanita berusia (44th) ini, kesehariannya berjualan kue di desa itu. Tapi, dirinya tak pernah mencicipi bantuan tersebut. Emi mengaku, belum pernah mendapat bantuan dari kantor desa,

“Terus terang, saya belum pernah menerima bantuan dari kantor desa. Padahal, saya sudah menyerahkan fotocopy KTP dan KK. Saya berharap agar saya juga bisa mendapat bantuan. Paling tidak, untuk menambah modal usaha saya, “ujarnya Emi polos.

Sementara, Zulfitri, Kepala Desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan ketika dikonfirmasi melalui layanan WA ke Ponsel nya, terkait hal tersebut diatas mengatakan,

“Saya juga kurang mengerti bantuan Bansos yang mana satu. Cuman kalau ceritanya UMKM berapa waktu yg lalu kami ada mendata seluruh masyarakat yang punya usaha di Pengujan Kabupaten Bintan. Tentunya sesuai dengan kriteria yang ada aturannya. Siapa saja yang punya usaha kecil tidak terbatas dengan profesi seseorang. Karena, ini program pusat dan mengirimkannya lewat aplikasi. Untuk yang menentukan layak tidaknya bukan kewenangan desa sama sekali. Mereka mungkin punya verifikasi tersendiri pak. Kemudian, bisa di cek nanti berdasarkan email nya.

Jadi intinya bukan desa yg menentukan siapa orang yang dapat. Saya berharap, semua yang membuat permohonan dapat. Tapi itulah kenyataan. Ada yang dapat dan ada yang tidak. Ini dari pusat yang menentukan, “ucapnya melalui layanan WA, (14/08/2021). (Richard).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini