Kementerian Perhubungan RI Luncurkan KMP Bahtera Nusantara 03 Untuk Kepri

0
3

Dirjen Hubdat Budi Setiyadi berfoto bersama undangan di depan KMP Bahtera Nusantara 03

Karimun, gebraknusantara.co.id

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kementerian Perhubungan RI kembali meluncurkan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Bahtera Nusantara 03, di Galangan Kapal Karimun Anugrah Sejati, Rabu (18/05/2022).

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (DirjenHubdat),  Budi Setiyadi menyampaikan harapan agar kehadiran kapal ini dapat dimanfaatkan secara optimal, oleh masyarakat Kepri.

“Saya berharap kapal ini akan memperlancar transportasi dan konektivitas di Kepri dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, “kata Budi Setiyadi.

Budi Setiyadi mengungkapkan momen peluncuran kapal merupakan hal penting dari bagian pembangunan kapal, karena saat itulah pertama kalinya sebuah kapal akan mengapung di air.

“Momen peluncuran kapal ini pun akan dicatat sebagai tanggal dimulainya perhitungan terkait dengan docking periodik kapal tersebut, “katanya.

Direktur Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan (TSDP) Kemenhub RI – Junaidi menjelaskan bahwa KMP BAHTERA NUSANTARA 03 dibangun melalui dana APBN dengan skema Multi Years Contract (MYC).

“Kapal jenis Roro 1500 GT ini akan melayani lintasan Dompak – Matak – Penagi, “katanya.

Pembangunan kapal Roro merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah, terutama di wilayah terpencil.

“Sesuai misi Dirjen Hubdat untuk menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia, “katanya menambahkan.

Hadir dalam peluncuran KMP Bahteran Nusantara 03, anggota Komisi V  DPR RI Dapil Kepri Cen Sui Lan, Kepala BPTD IV Riau-Kepri, Lukizaiman Prrawira, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Junaedi, Kadishub Kepri dan sejumlah pejabat di lingkungan Perhubungan yang ada di Provinsi Kepri.

Spek KMP Bahtera Nusantara 03
Panjang    71,92 m
Lebar 14,00 m
Tinggi 4,60 m
Kecepatan 15 knot
Penumpang 386 orang
Truk Besar  14 unit
Truk Sedang 12 unit
Roda 4 10 unit
ABK 24 orang. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini