Klarifikasi Dan Permohonan Maaf Sopir Truck Atas Video Viral Petugas Polsek Palmatak

0
5

Anambas, gebraknusantara.co.id

Video rekaman atas dugaan Pungli yang dilakukan oknum anggota Polsek Palmatak, yang sempat viral, telah ditangani Propam Polres Kepulauan Anambas.

Jum’at (25/08/2022), sekitar pukul 21.00 wib, persoalan itu  ditindaklanjuti oleh Propam Polres Kepulauan Anambas. Video viral atas dugaan pungli yang dilakukan oknum anggota Polsek Palmatak terhadap Sopir Truck lintas Palmatak, Batam hingga Bintan. Saat itu Truck  akan menyeberang menggunakan Kapal Roro.

Diberitahukan, bahwa Propam Polres Kepulauan Anambas telah melakukan pemeriksaan terhadap Ke 2 oknum Polisi Yang diduga melakukan pungli dan juga melakukan pemeriksaan terhadap sopir Truk tersebut.

Menurut keterangan ke 2 oknum, Bahwa Mereka Menanyakan surat atau dokumen terkait barang-barang apa saja yang dibawa diatas Truk tersebut.. Saat itu Sopir Truck mengaku membawa barang-barang kelontongan pesanan masyarakat. Setelah diperiksa,  ternyata didalam Truk dimuat Besi-besi bekas yang akan dikirim Ke Tanjungpinang. Terkait Besi Bekas itu, Agus (Sopir-red) menunjukkan Surat Jalan yang dikeluarkan Kades setempat. Dan memberikannya ke pihak oknum. Yang mana surat tersebut membenarkan terkait Besi-besi tua yang akan dibawa.

Agus merasa bahwa apa yang dilakukannya benar. Karna memiliki Surat Jalan. Merasa  dirinya dipersulit, amarah Agus dan rekannya pun mendadak memuncak. Dan langsung merekam kegiatan yang terjadi saat itu. Padahal, apa yang dilakukan Agus, sama sekali tidak ada izin dari petugas. Belakangan diketahui, bahwa Agus dan rekannya saat itu merasa panik, lantaran kapal yang akan membawa mereka, tak lama lagi mau berangkat. Artinya, Agus takut ketinggalan kapal Roro. Namun, berkat bantuan seorang petugas dari Koramil setempat, Agus pun diperbolehkan berangkat menggunakan kapal Roro itu.

Saat ditanyakan Penyidik Propam, apa tujuan Agus dan rekannya melakukan Perekaman serta memviralkannya, Agus mengaku lantaran saat itu dirinya panik gondok dan sakit hati terhadap oknum Polisi yang sedang bertugas di lokasi itu.

Ketika ditanya lagi oleh petugas, apakah ada oknum tersebut meminta uang dan melakukan Pungli, Agus dengan tegas menjawab tidak ada. Dan Agus pun mengakui, kalau uang yang diletakkannya di atas meja itu, sengaja dilakukannya, agar terbangun Opini Pungli.

Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Syafrudin Semidang Sakti menjelaskan, terkait Video yang sempat Viral itu, langsung  memerintahkan Propam untuk segera menindaklanjutinya. Dan segera melakukan pemeriksaan terhadap Ke 2 Oknum yang diduga melalukan Pungli.

Sebenarnya yang terjadi dalam vidio tersebut, bukanlah tindakan pungli yang dilakukan oleh Oknum Kepolisian. Justru,  anggota yang sedang bertugas menolak pemberian uang itu.  Masyarakat menganggap bahwa, uang yang sengaja diletakkan dimeja yang dikeluarkan oleh si perekam Video yang kemudian mengambilnya kembali adalah motif siperekam. Hal Tersebut memang diakuinya.

“Dengan ini saya menyatakan video viral atas pungli di pos Pelabuhan Roro Palmatak, yang ceritanya dilakukan oleh 2 oknum Polri yang bertugas di Pelabuhan Roro *TIDAK BENAR ADANYA* Dan Ke 2 Oknum Tersebut *TIDAK ADA MEMINTA UANG* Atas Peristiwa Tersebut *KAMI SELESAIKAN SECARA KEKELUARGAAN DAN TIDAK ADA UNSUR TEKANAN MAUPUN PAKSAAN DARI PIHAK MANAPUN YANG MEMPENGARUHI KAMI, “ucap Agus tegas. Dalam hal ini yang bersangkutan menyampaikan permohonan maafnya kepada pihak Polres Kepulauan Anambas. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini