Kurangnya Budidaya Ikan Kerapu Cantang Di Kabupaten Lingga

0
89
Ikan Kerapu Cantang
Tanjungpinang, gebraknusantara.co.idIkan Kerapu Cantang (Epinephellus fuscoguttatus-lanceolatus), termasuk kelompok Ikan Kerapu yang berharga tinggi. Jenis Kerapu yang satu ini merupakan hasil persilangan Ikan Kerapu Macan (Epinephellus fuscoguttatus) dengan Ikan Kerapu Kertang (Epinephellus lanceolatus). Tingkat pertumbuhan Ikan Kerapu ini cenderung menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan kerapu lain. Yaitu dalam masa pemeliharaan 7 bulan dapat mencapai berat 5 – 7 ons/ekor.

Di kabupaten Lingga, Ikan Kerapu Cantang cuma berapa daerah yang sudah mencoba membudidayakan. Alhamdulilah berhasil. Kelompok budidaya Ikan Kerapu Cantang yang sudah berhasil membudidaya Ikan Kerapu Cantang di Kabupaten Lingga yaitu, Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Harapan Jaya, Desa Mepar, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga. Kelompok nelayan di desa ini telah panen perdana Ikan Kerapu Cantang sebanyak 1,1 ton. Ikan tersebut sudah dibudidayakan sejak 6 bulan lalu oleh Pokdakan.

Salah satu Kerapu hasil hibridisasi adalah Kerapu Cantang. Hasil persilangan antara ikan Kerapu Macan dan Ikan Kerapu Kertang.
Saya harapkan, semoga ke depannya Kabupaten Lingga memberi bantuan perikanan. Khususnya budidaya Ikan Kerapu Cantang. Karena Ikan Kerapu Cantang saat ini masih kurang pembudidayaannya di Kabupaten Lingga.

Ciri-ciri morfologi Ikan Kerapu Cantang, antara bentuk tubuh pipih dan relatif membulat. Dengan ukuran lebar kepala hampir sama dengan lebar badannya. Warna kulit coklat kehitaman, dengan 5 garis hitam melintang di bagian tubuhnya.

Semua sirip (pectoral, anal, ventral, dorsal dan caudal) bercorak seperti kertang, dengan dasar berwarna kuning, dilengkapi dengan bintik-bintik hitam. Bintik hitam juga banyak tersebar di kepala dan di dekat sirip pectoral. Dengan jumlah yang berlainan pada setiap individu. Sirip punggung semakin melebar kearah belakang.

Sirip punggung menyatu yang terdiri atas 11 jari-jari keras dan 15 jari-jari lunak. Sirip pectoral terdiri atas 17 jari-jari lunak. Sirip ventral terdiri dari 1 jari-jari keras dan 5 jari-jari lunak. Sirip anal terdiri dari 2 jari-jari keras dan 8 jari-jari lunak. Sedangkan sirip caudal terdiri atas 13 jari-jari lunak.

Kami harap budidaya di Kabupaten Lingga terus meningkat. Khusus di Kerapu Cantang. Sehingga tidak hanya di Pulau Mepar saja yang membudidaya Kerapu Cantang. Tapi di setiap desa harus ada budidaya Kerapu Cantang. Karena pembudidayaan ikan ini akan berdampak positif terhadap perekonomian nelayan, “ucapnya.

Nama : Aripin.
Nim : 160254243008.
Jurusan : Budidaya Perairan.
Fakultas : ilmu Kelautan dan Perikanan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini