Mahasiswa STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Ikuti Pameran Hari Peduli Sampah Nasional

0
136

IMG 20210301 210156 compress53

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Dalam Rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, yang digelar di Gerbang Utama Jembatan I Dompak Tanjungpinang, Mahasiswa Ekonomi Syariah STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Miftahul Ulum (MU) Tanjungpinang ikut ambil bagian dalam acara tersebut.

IMG 20210301 210234 compress45 scaled

Selain Mahasiswa, Ketua Prodi Eko Hermawan, M.Ak dan Masjunaidi, MM serta wakil ketua III Drs. Nazaruddin, MH turut serta mengikuti pameran Peduli Sampah tersebut, (28/02/2021).

IMG 20210301 210135 compress99

Dalam acara itu, Mahasiswa Ekonomi Syariah STAI MU Tanjungpinang, mengadakan beberapa pameran untuk mengajak pengunjung agar bisa mengerti apa itu Ecobrick dan mengenalkan Bank Sampah produk STAI MU yang baru dibuka.

IMG 20210301 210324 compress81

Bukan hanya menggelar pameran. Para Mahasiswa juga memperagakan cara membuat Ecobrick. Diantaranya,  membutuhkan tiga barang yaitu : Gunting, Botol dan sampah Plastik. Seperti Kantong Plastik, dan Label Botol Minuman.

IMG 20210301 210301 compress63

Setelah itu, juga diperkenalkan beberapa Program Bank Sampah STAI MU kepada pengunjung. Tujuannya, aga lebih minat menabung di Bank Sampah. Bukan hanya itu. Para Mahasiswa juga memberi penjelasan cara memilah sampah. Karna, jika berbeda sampahnya, berbeda  juga nilai jualnya.

Ditengah sibuknya memberi penjelasan terhadap pengunjung, salah seorang Mahasiswa mengajak, “mari kita mulai aksi kecil yang bisa dilakukan mulai dari diri sendiri. Seperti mengurangi pemakaian plastik berlebihan. Dan menggunakan Totebag saat belanja. Karena, hal seperti ini bisa dilakukan siapa saja. Untuk itu, marilah kita memulainya demi bumi yang bersih, “tuturnya di lokasi pameran.

Hari Peduli Sampah Nasional dipicu oleh tragedi longsornya sampah di TPU Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005 silam. Dalam bencana itu, cukup banyak korban jiwa. Pengelolaan sampah yang buruk, adalah salah satu penyebab permasalahan sampah.

Semoga dengan adanya Bazar yang digelar oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini, bisa membantu masyarakat untuk bekerja sama dengan cara menabung sampah dan tidak membuang sampah sembarangan atau membakar sampah lagi.

Dan diharapkan juga agar Bank Sampah STAI MU Tanjungpinang tetap bisa maju dan mengumpulkan lebih banyak nasabah yang menabung di Bank Sampah STAI MU.
Aamiin ya rabbal’alamin. (Ahin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini