Miris . . . ! ! Bak Sampah Milik Pemko Tanjungpinang Banyak Yang Bolong

0
6

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Sengkarut masalah sampah di kota Tanjungpinang, sampai saat ini masih terbilang belum terselesaikan dengan apik. Hal ini terlihat jelas, masih banyak sampah berserakan di sejumlah titik jalan raya di Ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

IMG 20220905 085350 compress92

Jika ditilik dari banyaknya armada angkut sampah milik Pemko Tanjungpinang, sepertinya masih mampu mengatasi persoalan tersebut. Sayangnya, sarana angkut sampah yang banyak berseliweran setiap hari di kota Segantang Lada ini, banyak yang tak layak pakai.

Bak sampah yang nempel di belakang armada angkut sampah itu banyak yang sudah keropos alias bolong-bolong. Akibatnya, sampah yang diangkut pun kerap berjatuhan ke badan jalan. Membuat sampah semakin berserakan.

Ujung-ujungnya, tak sedikit warga yang bersungut-sungut lantaran sampah berjatuhan, “gimana sih Pemko Tanjungpinang ini ? Koq Bak sampah yang sudah bolong pun masih dipakai untuk mengangkut sampah, “ujarnya seorang pengguna jalan raya di jalan D.I Panjaitan Tanjungpinang baru-baru ini.

Celoteh warga itu coba ditindak lanjuti. Senin (05/09/2022), media ini menelusuri sejumlah bak sampah bolong yang tampaknya masih digunakan. Benar saja. Ditemukan bak sampah di dua tempat yang berbeda, dalam  kondisi menyedihkan. Kerusakan bak sampah itu terlihat sangat memprihatinkan.

Disalah satu tempat, ditemukan seorang pekerja yang sedang berupaya menutupi lubang pada dinding bak sampah. Tujuannya, agar sampah yang diangkut tidak berserakan ketika dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),

“Beginilah kondisinya bang. Sebenarnya kami sudah berulang kali mengajukan permohonan, agar bak sampah seperti ini tak usah lagi dipakai. Soalnya, sudah terlalu banyak lubangnya. Jadi, kalau dibawa pakai mobil, sampahnya banyak yang bertaburan. Tapi sampai sekarang belum dijawab, “tuturnya polos.

Ditempat terpisah, Rizal, pengawas persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Tanjungpinang menuturkan, “kalau soal itu, saya gak berani menjawabnya bang. Karna, masih ada atasan saya. Baiknya, langsung saja sama pak Boby. Karna, sesuai bidangnya, “kata Rizal singkat di kantornya, di kawasan TPA Tanjungpinang (07/09/2022).

Beberapa saat kemudian, arahan dari Rizal pun ditindaklanjuti. Boby Deworianto, atasan Rizal, coba dikonfirmasi lewat ponselnya. Boby mengatakan, “kalau melihat kondisinya, memang itu lantaran termakan usia pak. Jadi bak sampah itu memang masih kami pakai. Selain itu, bak sampah itupun sering kami cuci. Sebenarnya, kami sudah menyiapkan empat unit lagi untuk menggantikan yang sudah rusak itu, “ujar Boby lewat ponselnya (07/09/2022).

Masih menurut Boby. Kami disini hanya menjalankan tugas pak. Kalau mengenai anggaran, baiknya tanyakan langsung sama pak Kadis, “sebut Boby, ketika ditanyakan terkait anggaran, guna memperbaharui sarana sampah tersebut.

Gonjang-ganjing soal bak sampah yang menyebalkan itu, memang belakangan jadi perhatian serius di sejumlah kalangan. Disisi lain, warga diwajibkan membayar retribusi sampah. Sedangkan kondisi bak sampah menyedihkan. Bahkan, ada pula sanksi bagi warga yang enggan membayarnya.

Artinya, instansi pengelola akan melayangkan Surat Peringatan (SP) terhadap warga yang tak patuh terhadap aturan. Hal itu berlaku sampai SP 2. Jika SP 2 juga tidak digubris, Penegak Perda akan bertindak (Satpol-PP). Hal itu sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 05 tahun 2012 dan perubahannya nomor 04 tahun 2018 tentang Retribusi. (Richard).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini