Peraih Piala Adipura Masih Operasikan Bak Sampah Bolong

0
18
Piala Adipura

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.idKota Tanjungpinang, salah satu  kota peraih Piala Adipura dari pemerintah pusat. Keberhasilan memperoleh Piala tersebut, menandakan kota peraih Piala Adipura dianggap sebagai kota  bersih. Bahkan, perolehan Piala kebanggan itu, lebih dari sekali diperoleh. Artinya, kondisi kota Tanjungpinang memang dianggap kota bersih

Ada dua aspek utama yang menjadi dasar penilaian Adipura. Jika meliputi Kondisi fisik, yaitu kebersihan dan keteduhan lingkungan perkotaan. Sedangkan kondisi non fisik, yaitu mengenai institusi, manajemen, dan daya tanggap dalam mengelola lingkungan perkotaan.

Menyimak penjelasan diatas, sepertinya ada secuil tanda tanya terhadap status peraih Piala Adipura itu. Khususnya terhadap Kota Tanjungpinang. Sudah sebersih apakah kota Tanjungpinang ini ? Jawabannya, tentu saja ada pada masing-masing warga yang bermukim di Ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

Piala Adipura

Disisi lain, jika dikaji menyangkut soal kebersihan, sepertinya predikat kota bersih untuk kota Segantang Lada ini masih dipenuhi tanda tanya. Pasalnya, sarana pengangkut sampah yang jumlahnya lumayan banyak, justru terkesan kurang rawatan.

Seperti pemberitaan di media ini sebelumnya, kondisi bak sampah yang difungsikan untuk mengangkut sampah, agar kota ini tetap bersih, justru banyak yang bolong alias keropos. Tentu saja sampah yang diangkut bakal berterbangan dari dinding bak sampah yang bolongnya hampir selebar daun pintu. Akibatnya, sampah pun kembali berserakan.

Melihat kondisi itu, akhirnya seorang warga yang juga dianggap sebagai tokoh di tempat tinggalnya, sangat tertarik untuk mengomentarinya. Sebut saja Abdul. Lelaki brewokan ini mengatakan, “saya tertarik untuk mengomentari berita di media online terkait kondisi bak sampah itu. Karna, saya memang sering melihat lori sampah dengan bak sampahnya bolong, “ucapnya.

Kalau kondisi bak nya seperti itu, lanjutnya. Pastilah sampah yang ada didalam bertaburan. Lagian, kemana anggaran perawatan armada angkut sampah itu ? Truss . . . Kenapa dibiarin kondisi bak nya seperti itu ? Wajar, kalau ada warga yang bertanya tentang kondisi bak sampah itu, “katanya heran.

Meskipun miris melihat kondisi alat pembersih sampah itu, tapi  Boby Deworianto, pejabat yang mengurusi bak sampah di kota Segantang Lada ini punya jawaban pamungkas. Menurutnya, pihaknya saat ini sedang menunggu penyelesaian empat unit bak sampah baru, “kami sudah menyiapkan empat unit lagi untuk menggantikan yang sudah rusak itu, “ujar Boby lewat ponselnya saat dikonfirmasi (07/09/2022) kemarin. (Richard).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini