Peringatan HPSN Kepri Dibarengi Keterlibatan Bank Sampah Se-kota Tanjungpinang

0
90
IMG 20210228 151342 compress67 scaledHj Marlin Agustina, Wagub Prov Kepri, berfoto bersama di lokasi Peringatan HPSN di Dompak. 

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Dipagi Minggu (28/02/2021), di gerbang pintu masuk kawasan Dompak, tepatnya di jembatan 1, Dompak Tanjungpinang, Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Hj Marlin Agustina, membuka secara resmi acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Provinsi Kepri.

Istri Walikota Batam itu tampak anggun ketika mengenakan stelan baju kurung berwarna kuning yang dipadu dengan sepatu ket. Perempuan berkulit putih itu dengan lugas memberi kata sambutan tentang sampah.

Ia juga tidak lupa mengajak masyarakat Tanjungpinang dan masyarakat Kepri pada umumnya untuk peduli dengan lingkungan, “kita mulai dulu dari diri sendiri. Bagaimana caranya kita mengolah sampah yang ada dilingkungan kita. Seperti sampah rumah tangga yang bisa bernilai ekonomis, “sebutnya.

Wanita yang akrab disapa Bunda ini menyebutkan, dirinya sendiri merupakan nasabah Bank Sampah. Dan sudah 10 tahun menabung di Bank Sampah.

Usai membuka dan memberi Sekapur Sirih, Marlin didampingi Sekdaprov Arif Fadillah dan juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kepri, Hendri, ST, tampak mendatangi Stand Bank Sampah kota Tanjungpinang, yang memajang berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari Sampah Organik maupun Non Organik.

Salah satu Stand Bank Sampah yang cukup menarik perhatian adalah Bank Sampah Kuantan Bersih kuantan (BSKB). Stand yang satu ini, dikomandoi oleh Hj Elvina, dengan pembina Ryna Tambunan serta direkturnya Hj  Sriwati. Dan juga didampingi Sekretaris dan bendahara. Unsur pengurus dari Stand ini, tampak kompak menjamu kehadiran Marlin ke Stand mereka.

di Stand ini, terpajang aneka kerajinan tangan. Seperti bunga dari plastik yang dikemas dengan rapi diletakan di meja. Juga kerajinan tas belanja yang terbuat dari pipet bekas dan dari tutup botol.

Bahkan, hasil kreasi tersebut di beli oleh pembeli yang mengunjungi Stand itu. Dan tidak lupa, Elfina beserta Ryna Tambunan menyerahkan hasil kerajinan bunga plastik tersebut kepada Bunda yang diterima dengan senyuman.

Untuk kerajinan bunga plastik BSKB membuka kelas setiap hari kamis. Sedangkan untuk kerajinan Tas Plastik diserahkan pembuatannya kepada Sriwati,  “Sebentar saja kok membuatnya, “katanya singkat menjawab media ini.

Elvina sendiri mengatakan, hingga kini mereka sudah memiliki nasabah lebih dari 140 orang. Dan mereka juga membina beberapa Bank Sampah yang ada di kota Gurindam ini. Seperti Bank Sampah Anak Dare, Bank Sampah Miftalul Ulum dan lainnya.
Kini BSKB pun memproduksi pupuk POC ( Penyubur Tanaman) yang bahannya dari sisa nasi, sayur dan juga buah. Kemudian ditambah dengan em 4 dan Gula serta Rayco untuk mengurangi bau.

Menurut pensiunan dinas pendidikan Bintan ini, mereka mendapatkan ilmu tersebut dari DLH kota Tanjungpinang yang kala itu masih dijabat oleh Hendri, ST, “kami diberikan tong ajaib dari DLH, “tukasnya.

Disela-sela mengunjungi stand-stand Bank Sampah yang berjejer di lokasi peringatan HPSN itu, Marlin tampak memberikan support. Jika ada kreasi-kreasi dalam mengolah sampah dari limbah, ia langsung  menyemangati ‘lebih kreatif lagi ya, ” ucapnya. Dan Marlin juga menambahkan, “dan ditingkatkan lagi ke depannya ya, “sebut Wakil Gubernur itu.

Senyum sumringah dari Bu Wagub ini menunjukkan keramahtamahannya, dan tampak memberi motivasi. Ia juga begitu antusias ketika salah satu Bank Sampah memaparkan cara membuat pupuk cair organik. Marlin sama sekali tidak menunjukkan rasa jijik ketika diperlihatkan ulat di makanan yang sudah membusuk.

Selamat Hari Peduli Sampah Nasional. Semoga Kepri kian nyaman dengan kepedulian kita bersama terhadap lingkungan. (Lan).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini