Propam Polres Anambas Bertindak, Terkait Merebaknya Video Pungli Oleh Petugas Polisi Palmatak Kabupaten Anambas

0
7

Anambas, gebraknusantara.xo.id

Terkait maraknya video dua anggota Kepolisian Polsek Palmatak Kabupaten Anambas Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang ditenggarai melakukan pungli di kawasan pelabuhan Roro, akhirnya ditanggapi Kapolres setempat. Kapolres pun langsung bertindak dan melakukan pemeriksaan.

Setelah kedua anggota Polsek dan Sopir Lori (Truck-red) yang merekam aktivitas di pelabuhan Roro itu, Kapolres pun langsung memberi penjelasan kepada sejumlah media.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kedua anggota Polisi dan Sopir lori oleh petugas dari Seksi Propam Polres Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), ternyata tidak ditemukan adanya tindakan Pungutan Liar (Pungli) seperti yang ada dalam vidio viral tersebut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap kedua anggota dan Sopir Lori itu, tidak ditemukan tindakan pungutan liar atas surat jalan yang mereka keluarkan, “kata Kapolres Anambas AKBP Syafrudin Semidang Sakti melalui Kasi Humas IPTU Raja Vindho kepada wartawan, Kamis (25/08/2022).

Ia juga menjelaskan, bahwa lelaki yang melakukan rekaman saat itu, ternyata dalam keadaan panik. Pasalnya, barang-barang yang mereka muat akan diperiksa. Sementara, kapal Roro yang bakal membawa para penumpang akan berangkat. Membuat mereka takut ketinggalan. Dan akhirnya, mereka berinisiatif untuk mensiasati rekaman dan meletakkan duit di atas meja petugas, “sebut Kasi Humas.

Ia juga menambahkan, bahwa sebenarnya yang terjadi dalam video itu, bukanlah tindakan pungli yang dilakukan oleh anggota Kepolisian. Yang terjadi justru sebaliknya. Aggota Polisi menolak pemberian yang dilakoni pak sopir.

“Dampak buruk dari tayangan video itu, justru masyarakat menganggap bahwa, anggota kita yang mengambil duit di meja tersebut. Padahal, yang nampak salam rekaman itu adalah tangan perekam itu sendiri. Saat itu petugas tidak menyentuh duit yang diletakannya. Mungkin karena kesal tak dilayani ata duit yang diletakannya, akhirnya duit itu dia ambil kembali. Artinya, dia yang meletakkan duit itu, tapi, dia sendiri yang mengambilnya. Jadi, atas sikap nya seperti itu, sangat jelas pak sopir saat itu sedang panik, “jelasnya.

Meskipun kejadian itu sempat viral dan terkesan memojokkan Polres Anambas, tapi dengan jiwa kesatria, Kapolres setempat  memaafkan pria yang merekam peristiwa itu.

“Mengingat pak sopir yang merekam.peristiwa itu telah meminta maaf, pak Kapolres pun langsung memaafkannya.  Mudah-mudahan peristiwa seperti itu tidak terjadi lagi, “tambahnya.

Sesuai pemaparannya, Agus, Sopir lori yang merekam peristiwa itu menyampaikan  permohonan maaf kepada pihak Kepolisian Polres Anambas. Yang sebenarnya, dirinya tidak berniat untuk memviralkan persoalan tersebut. Diakuinya, bahwa hasil rekaman itu hanya untuk disimpan di history Whatsapp nya.

“Saya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini. Karena memang panik, makanya kita rekam pada saat itu, “jelasnya. (Maniur).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini