Rapat Intensifikasi Penguatan Sinergitas Bersama Pengawas Eksternal Dan Sosialisasi Aplikasi Peningkatan Fitur Dumas Presisi

0
1

Batam, gebraknusantara.co.id

Itwasda Polda Kepri gelar Rapat Intensifikasi Penguatan Sinergitas Bersama Pengawas Eksternal Dan Sosialisasi Aplikasi Peningkatan Fitur Dumas Presisi. Acara tersebut berlangsung di  di Gedung Rupatama Polda Kepri, Jumat (22/07/2022).

IMG 20220722 144923 compress52 1

Kegiatan tersebut juga hadiri Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepri Dr. Lagat Paroha Siadari, SE, MH, para Kabagwassidik Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba Polda Kepri, Kasubagyanduan Bidpropam Polda Kepri dan Para Kasiwas jajaran Polres/ta Polda Kepri dan peserta.

IMG 20220722 145047 compress96 1

Irwasda Polda Kepri diwakili Auditor Madya Tingkat 3 Itwasda Polda Kepri Kombespol Dudus Harley Davidson, SIK mengucapkan terimakasih  kepada Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kepri yang hadir pada kesempatan ini dalam rangka menindaklanjuti kegiatan program prioritas Kapolri yang tertuang dalam Renstra Polri T.A. 2021-2024.  Polri telah menetapkan 16 program dimana Itwasda Polda Kepri bertanggungjawab atas program 15 tentang “penguatan fungsi pengawasan. Dan kegiatan 50 “sistem pengaduan online terintegrasi dengan fungsi pengawas lainnya” dengan sasaran meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam hal penanganan pengaduan masyarakat.

IMG 20220722 145002 compress62 2

“Rapat koordinasi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan adanya satu cara bertindak dalam penanganan pengaduan masyarakat secara terintegrasi serta seluruh jajaran Polres/ta Polda Kepulauan Riau, serta memahami dan mengerti bagaimana alur mekanisme penggunaan aplikasi Dumas Presisi. Implementasi keberhasilan program prioritas kapolri khususnya pada program 15  yang tertuang didalam kegiatan 50 yang salah satunya  dapat membangun sinergitas antar lembaga pengawas dan membangun sistem pengawasan handling complaint online yang terintegrasi antara lembaga pengawas Ombudsman Ri Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, “jelas Auditor Madya Tingkat 3 Itwasda Polda Kepri Kombespol Dudus Harley Davidson, SIK.

IMG 20220722 145019 compress33 1

Auditor Madya Tingkat 3 Itwasda Polda Kepri Kombespol Dudus Harley Davidson, SIK mengatakan, besar harapannya kedepan harus lebih baik dalam menindaklanjuti Program Prioritas Kapolri. Kegiatan ini harus bersama-sama kita laksanakan secara cepat dan tepat.

IMG 20220722 145106 compress45 1

Sehingga, benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.  Transformasi ini menjadi harapan baru (new hope) bagi masyarakat. Dan menjadi peluang bagi kita untuk terus melakukan upaya yang terbaik kepada masyarakat guna menuju Polri yang Presisi, Intensifikasi sinergitas antar lembaga. Pengawas ini diharapkan dapat terus berjalan guna meningkatkan pelayanan terhadap pengaduan masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau. Dan perlunya melakukan evaluasi secara rutin pada setiap akhir periode pelaporan. Guna mengetahui capaian keberhasilan.”

Mabes Polri telah meluncurkan aplikasi Pengaduan Masyarakat (Dumas) Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi). Polda Kepri sudah mensosialisasikan aplikasi tersebut kepada masyarakat tentang bagaimana manfaat dari aplikasi itu sendiri. “Dumas Presisi” ini bertujuan untuk menyampaikan pengaduan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Polri.

Pengaduan ini bisa langsung diakses oleh masyarakat 24 jam.  Dan dimana saja tanpa perlu datang ke Kantor Polisi terdekat. Melalui aplikasi Dumas Presisi juga masyarakat bisa mengetahui sejauh mana perkembangan penanganan kasus yang dilaporkan.

“Aplikasi Dumas Presisi dapat diunduh di Play Store atau Google Play Store di smartphone masing-masing. Sekarang masyarakat lebih mudah menyampaikan laporan secara online. “pungkas Kombespol Dudus Harley Davidson, SIK

“Terakhir, Meski semakin mudah membuat laporan, perlu diperhatikan pula bahwa segala laporan yang diterima akan diklarifikasi terlebih dahulu melalui sejumlah tahapan. Seperti mengenai kelengkapan identitas pelapor untuk menghindari orang-orang tidak bertanggungjawab membuat laporan palsu atau laporan bohong, “tutup Auditor. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini