Sambo Hadir di Kabupaten Kampar, Riau

0
62
sambo

Riau, gebraknusantara.co.id – Selain pesatnya kemajuan tekhnologi di era digitalisasi, perkembangan jenis olahraga pun tampaknya terus meningkat. Kini, telah masuk ke Indonesia jenis olahraga bela diri yang diberi nama Sambo. Cabang olahraga bela diri yang satu ini memang masih baru. Tapi telah diperlombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Meski terbilang olahraga baru, namun mampu meraih 4 medali Emas dan 1 medali Perak.

Banyak kalangan menilai, bahwa Olahraga bela diri ini perlu dikembangkan di negeri ini. Karena, olahraga ini telah diperlombakan di seantero jagad raya ini.

Di Provinsi Riau misalnya. Belum lama ini telah membentuk kepengurusan olahraga Sambo cabang Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang diberi nama Persambi (Perkumpulan Sambo Indonesia). Wadah ini diharapkan akan mampu mendongkrak pemuda-pemudi Kampar untuk berkiprah di olahraga Sambo ini.

IMG 20211019 WA0068

Seperti yang disampaikan  Zulfahmi, yang menjabat sebagai Sekretaris Persambi Kabupaten Kampar, “ya kita sangat optimis dengan berdirinya cabang olahraga ini. Mudah-mudahan  bisa menarik minat jiwa-jiwa muda Kampar dalam olahraga ini. Apa lagi Atlit Sambo tingkat Provinsi Riau, bisa  menorehkan prestasi gemilang dengan meraih 4 (empat) emas dan 1 (satu) perak di kancah nasional yaitu PON XX 2021 di Papua kemaren. Tentu saja hal itu sangat mengembirakan.  Sekaligus menjadi penyemangat kami, “ujar Zulfaimi.

Alhamdulillah, kata Zulfahmi melanjutkan. Kami calon pengurus cabang Kabupaten Kampar, merasa sangat antusias dan gembira. Karena, Muhammad Faisal. ST, ketua DPRD Kabupaten Kampar telah ikut bergabung. Dan menjabat sebagai Penasehat. Selain itu, Letkol INF Leo Octavianus M. Sinaga S,Sos, Komandan Kodim 0313/Kampar yang menjabat sebagai Pembina. Inshaallah akan memberi semangat serta motivasi yang ekstra bagi kami dalam mengembangkan olahraga ini ke depan di Kabupaten Kampar, “kata  Zulfahmi.

Olahraga Sambo adalah paduan  beberapa jenis olahraga. Yaitu,  Ji-Jitsu, Yudo dan Karate. Dan olahraga ini adalah salah satu olahraga bela diri militer di negeri tirai besi Rusia. (Ahin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini