Soegiharto Santoso Apresiasi Pagelaran Wayang Kulit di HUT Bhayangkara Ke-76

0
2

Jakarta, gebraknusantara.co.id

Pagelaran Wayang Kulit yang digelar Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-76 di lapangan Bhayangkara Mabes POLRI, (2/7/2022) menuai antusiasme warga yang memadati lokasi acara. Seluruh pengunjung acara dimanjakan dengan penampilan tiga orang Dalang. Ada Dalang Ki Yanto, Ki Anom Dwijokangko, dan Ki Anom Sutrisno.
IMG 20220704 101009 compress82Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk di lapangan Mabes Polri ini menampilkan cerita Semar Mbangun Kayangan. Pentas wayang kulit itu dibawakan oleh tiga orang Dalang yang sangat menarik perhatian setiap lakon yang dimainkan.

IMG 20220704 100930 compress67

Menariknya latar belakang pekerjaan dalang Ki Yanto ini itu cukup dari kegiatan seni. Ki Yanto sehari-harinya adalah Direktur (Panmud) Pidana Umum di Mahkamah Agung RI dan pernah menjabat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat serta 5 Pengadilan Negeri lainnya di Indonesia.

IMG 20220704 100948 compress40

Pagelaran yang menjadi pesta rakyat ini berlangsung dari pukul 8 malam hingga pukul 3 dini hari. Di areal pelaksanaan acara juga disuguhi beragam sajian kuliner gratis bagi warga yang hadir menyaksikan pertunjukan wayang.

Ada sekitar 50 lebih pedagang yang menjajakan aneka makanan mulai dari pedagang bakso, sate ayam, kerak telor, angkringan, gule tikungan (gutik), wedang jahe, tahu genjrot, nasi goreng, siomay, bakmi Gunung Kidul, dimsum, dan masih banyak jajanan lainnya yang memanjakan pengunjung acara.

Warga masyarakat yang mengunjungi lokasi acara tampak antusias mencicipi kuliner gratis yang disajikan Mabes Polri. Layanan makan gratis ini makin mendekatkan institusi Polri dengan masyarakat. Terlebih dalam kegiatan perayaan HUT Bhayangkara ini ada Door Price atau hadiah utama bagi pengunjung berupa 1 unit rumah.

Pada pagelaran wayang kulit ini juga menghadirkan bintang tamu Kirun, Marwoto, serta sinden Endah Laras dan Eka Kebumen.

Tak ketinggalan ikut larut dalam antusiasme warga, Ketua Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi  Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pers Republik Indonesia Soegiharto Santoso juga ikut hadir dan menikmati pertunjukan wayang kulit ini.

Hoky mengaku sudah dua kali menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang menghadirkan Ki yanto sebagai dalang. Salah satunya di Taman Mini pada tahun 2019.

Hoky menyampaikan apresiasi atas penyelanggaraan even ini yang sangat memanjakan penggemar wayang kulit.

“Semoga pertunjukan wayang kulit yang melibatkan warga masyarakat ini dapat menjadi agenda tahunan bagi warga, “imbuh Hoky sapaan arab Pemimpin Redaksi Media Biskom yang juga menjabat Dewan Pengarah di LSP Pers Indonesia.

Turut hadir dalam kemeriahan acara ini Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto, sejumlah pejabat tinggi, dan hadir juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN PERADI) Suara Advokat Indonesia (SAI), Dr. Juniver Girsang.

Sebagai penutup Hoky mengucapkan, Selamat hari Bhayangkara ke 76, dan berharap korps Bhayangkara semakin Presisi dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini