STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Gelar Gerakan Berbagi Masker

0
170

IMG 20210217 172912 compress98 scaled

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Gerakan Berbagi Masker dan Sosialisasi Bank Sampah oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum (MU)  Tanjungpinang. Kegiatan itu dilakukan langsung oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (HMJ-ESY) serta unsur pengurus Bank Sampah. Kegiatan tersebut  berlangsung Sabtu (06/02/2021).

IMG 20210217 172938 compress35

Sebanyak 500 lembar Masker dibagikan. Kegiatan itu disejalankan dengan sosialisasi Bank Sampah yang dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah STAI Miftahul Ulum dan Yasmadi sebagai ketua RT setempat serta Prodi ESY Eko Hermawan M.Ak, yang didampingi Ahmad Rosidin yang menjabat sebagai ketua Bank. Kegiatan itu berlangsung di Kampung Sidomulyo RT 003 / RW 012 Kelurahan Batu Sembilan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

IMG 20210217 172840 compress91

Menurut penjelasan ketua pelaksana, Kampung Sidomulyo ini sangat cocok dijadikan tempat pembagian. Pasalnya,  Kampung ini sangat luas, “kami para pengurus Bank Sampah telah melaksanakan sosialisi Bank Sampah ini sejak 13  February 2021 lalu. Selain itu, kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka pencegahan Covid-19, “sebutnya.

IMG 20210217 172804 compress92

Ditambahkannya. Dihari pertama,  Pengurus bank Sampah STAI membagikan Masker. Kemudian, melakukan Sosialisasi Bank Sampah kepada warga RT 001 / RW 012. Dalam sosialisasi,  pelaksana kegiatan menganjurkan kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan dan tidak dibenarkan sembarangan  membakar sampah, “tuturnya.

IMG 20210217 173017 compress52

Selain itu, katanya melanjutkan. Dihari kedua, Pengurus bank sampah juga menghimbau, agar warga memilah-milah sampahnya sendiri untuk di tabung di Bank Sampah. Dan pada hari ketiga, pelaksana kegiatan membuat kelompok yang terdiri warga setempat. Tujuannya, agar setiap kelompok mengumpulkan Sampahnya, untuk dibawa ke Bank Sampah, “ujarnya.

IMG 20210217 172857 compress21

Masih menurut ketua pelaksana. Sebelum kegiatan kami laksanakan, terlebih dahulu kami berkumpul untuk mengawalinya dengan berdoa. Setelah itu, barulah kami bergegas menuju kelompok masing-masing. Keberadaan titik kumpul masing-masing kelompok terbilang berjauhan. Untuk menuju lokasi kelompok, tak sedikit yang harus berjalan kaki, “jelasnya.

Dan dalam proses pembagian Masker, lanjutnya. Umumnya pelaksana kegiatan melakukannya dengan berjalan kaki dari rumah ke rumah. Namun, ada juga yang memanfaatkan sepeda motor. Pusat kegiatan berada di Jalan Kepodang Komplek Perumahan Puspa Rinda. Kegiatan tersebut sangat direspon oleh warga setempat, “katanya.

Dilanjutkannya. Hal ini terlihat, ketika warga tampak sangat antusias mendaftarkan diri sebagai nasabah kami. Jika sudah menjadi nasabah, kami akan membukakan buku tabungan dengan 3 program Bank Sampah. Yaitu Pendidikan, Lebaran dan umroh. Ada 5 program pada bank sampah. Diantaranya,
1. Rekening reguler yg hanya bisa diambil setelah jadi nasabah selama 6 bulan.
2. Rekening pendidikan yg bisa diambil ketika ajaran baru.
3. Rekening THR diambil pas mau lebaran.
4. Rek emas jadi nabung emas.
5. Rekening umrah. Jadi, ketika di rekening mencapai 500 ribu rupiah, nasabah bisa pindah ke rekening umrah, “paparnya.

Dalam kegiatan tersebut kami bertujuan membuka Bank Sampah STAI MU. Agar menjaga lingkungan tetap nyaman, terbebas dari polusi dan wabah penyakit. Mengingat pemerintah kota Tanjungpinang telah menerapkan program Adiwiata dan Proklim.Yang mana sudah banyak masyarakat melakukan program tersebut.  Jadi ayooo . . . Kapan lagi kita menabung sampah bisa sampai umrah. Ayooo . . . Semangat ngumpulin sampahnya .

Alhamdulillah . . . Selama dibuka Bank Sampah, antusias masyarakat setempat sangat besar untuk menjadi nasabah Bank Sampah. Untuk seterusnya Bank Sampah STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang akan buka setiap hari Minggu dari jam 09.00 sampai 15.00 wib. Ditunggu ya kehadiran masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Sampah, “beber ketua pelaksana kegiatan. (Ahin).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini