Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PGMI STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Laksanakan Dua Kegiatan

0
128

IMG 20201102 103853

Tanjungpinang, gebraknusantara.co.id

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang melaksanakan dua kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Yaitu, kegiatan bimbingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri 016 Tanjungpinang Timur dan kegiatan bimbingan belajar gratis di RT 03 RW 12 Kampung Sidomulyo Kilometer 11 Tanjungpinang.

Kegiatan awal bimbingan PTK dilaksanakan pada Selasa, 27 Oktober 2020. Dan kegiatan sosialisasi awal bimbingan belajar gratis pada Minggu, 01 November 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang.

IMG 20201102 103830

Hal ini dilatarbelakangi oleh peningkatan mutu hasil belajar siswa yang masih mengalami kendala pada pelaksanaannya. Apalagi saat ini kita sedang dilanda wabah pandemi, yang mengharuskan guru lebih ekstra dalam melakukan terobosan,  guna terlaksananya peningkatan mutu dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, seluruh jajaran akademika Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tanjungpinang melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan bimbingan Penelitian Tindakan Kelak (PTK) di SD tersebut.

Bimbingan PTK dilakukan dengan memberikan pembinaan kepada guru tentang cara mengajar yang baik dan membantu guru membuat rencana penelitian tindakan kelas seperti pemilihan strategi, pendekatan, metode atau cara untuk meemperoleh hasil melalui sebuah kegiatan uji coba atau eksperimen yang berkesinambungan.

Selain memberikan bimbingan PTK kepada guru-guru di SD Negeri 016 Tanjungpinang Timur, Civitas akademika PGMI juga melaksanakan bimbingan belajar gratis untuk anak-anak kelas 1-3 SD di RT 03 RW 12 Kampung Sidomulyo Kota Tanjungpinang.
Hal ini dilatarbelakangi oleh belum banyaknya kegiatan-kegiatan belajar di sekitar kampung tersebut.

Sementara itu, Peserta yang mengikuti kegiatan bimbingan belajar gratis ini dibatasi hanya 15 siswa. Pembatasan jumlah peserta Dan waktu hanya 2 jam saja setiap pertemuan seminggu sekali untuk menghindari kerumunan. Guna mencegah penularan Covid-19 yang sedang marak terjadi di Tanjungpinang.

“Kami mohon maaf kepada Ibu-Ibu, kami membatasi jumlahnya sebanyak 15 orang. Karena mengingat keadaan kita saat ini. Takutnya nanti, kita menyalahi aturan. Jadi untuk saat ini,  kita cuma bisa menampung sekitar 15 orang, “ujar Muhammad Nur selaku ketua Prodi PGMI Miftahul Ulum dalam sambutannya.

Kegiatan-kegiatan PKM ini mendapatkan respons postif dari guru-guru SD Negeri 016 Tanjungpinang Timur dan para warga RT 03 RW 12 Kampung Sidomulyo. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran para guru dan para orang tua beserta anaknya pada kegiatan awal PKM. Yaitu sosialisasi kegiatan bimbingan PTK dan belajar gratis.

Yasmadi, selaku ketua RT 03 RW 12 dan Kepala Sekolah Dasar Negeri 016 Tanjungpinang Timur Ibu Farida juga mengucapkan terimakasih kepada tim pelaksana. Karena telah mengadakan kegiatan ini.

Mereka mengatakan, bahwa kegiatan bimbingan tersebut belum pernah dilakukan di tempat ini. Sehingga, Prodi PGMI STAI Miftahu Ulum Tanjungpinang merupakan pelopor awal kegiatan ini dilaksanakan.

Ketua Prodi PGMI Muhammad Nur berharap, kegiatan bimbingan PTK dan belajar gratis ini dapat berjalan lancar hingga tiga bulan ke depan. Apabila kegiatan ini berhasil, maka kegiatan ini dapat terus berlanjut. Beliau memastikan bahwa kegiatan ini akan mengikuti standar Protokol Kesehatan yang berlaku. Meliputi penggunaan Masker, menyediakan air bersih dan sabun untuk cuci tangan serta handsanitizer. (***).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here