Wujudkan Situasi Kamtibmas, Polres Bintan Beri Pembinaan Satkamling Kepada Masyarakat

0
59

IMG 20210313 133357 compress46 scaled

Bintan, gebraknusantara.co.id

Demi menjaga keamanan situasi kamtibmas di Kabupaten Bintan, Ditbinmas Polda Kepri dan Satbinmas Polres Bintan laksanakan Kegiatan Tatap muka dan pembinaan Satkamling serta sosialisasi Perpol No. 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa kepada perwakilan petugas Pos Kamling di wilayah Polres Bintan yang dilaksanakan di Mapolres Bintan pada Sabtu (13/03/2021).

IMG 20210313 133422 compress46 scaled

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Bintan  AKBP Bambang Sugihartono, SiK. MM. Didampingi oleh Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kepri Kompol Rusdi dan dihadiri oleh Kasatbinmas Polres Bintan, Bintan,  Perwakilan Bhabinkamtibmas Polres Bintan serta Perwakilan masyarakat petugas Pos Kamling di wilayah Kabupaten Bintan.

IMG 20210313 133442 compress41 scaled

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono, SiK. MM menjelaskan dalam kata sambutanya, bahwa kegiatan ini sangat baik sekali, dan bermanfaat untuk masyarakat.  Dan kita semua saat ini di wilayah hukum Polres Bintan terdapat 120 Pos Kamling yang telah terbentuk. Dan saat ini kita masih berada dalam Situasi pandemi. Banyaknya PHK, dan cuaca ekstrim. Tentunya dapat mempengaruhi penghasilan ekonomi masyarakat. Dan hal ini juga berpengaruh dalam meningkatkan angka kriminalitas. Dikarenakan faktor ekonomi. Oleh karena itu, Dengan adanya Pos kamling, tentunya dapat memperkecil kemungkinan terjadinya tindakan kriminalitas. Dan poskamling juga dapat mempererat silaturahim dan kekompakan warga, “jelasnya.

IMG 20210313 133338 compress45 scaled

Kompol Rusdi selaku Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kepri menyampaikan, bahwa Poskamling itu merupakan Pam Swakarsa. Dan sudah diatur dalam Perpol nomor 4 tahun 2020 tentang pam swakarsa tgl 5 agustus 2020. Dalam Perpol ini dijelaskan, diantaranya, apa yang dimaksud Pam swakarsa, apa saja yg termasuk Pam Swakarsa dan peran serta tugasnya. Selanjutnya, bagaimana cara pembentukannya. Dan perlu kita ingat bersama, bahwa menjaga Kamtibmas bukan hanya peran dari Kepolisian saja. Namun, seluruh masyarakat juga berperan. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah kita ini, “Ujarnya.

Pos kamling juga sangat berperan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Karena petugas Pos kamling yang merupakan warga setempat dapat ikut memonitor dan mewaspadai warga pendatang dari luar daerah, yang mungkin berasal dari zona yang rawan penyebaran covid-19. Dan ke depan, Polres Bintan akan meningkatkan pembinaan khususnya pembinaan Pos Kamling. Dan saya akan mengajak FKPD untuk turut serta mendukung. Seperti perlombaan Pos kamling dan pemberian reward bagi Pos kamling yang aktif, “tambah Kapolres. (***).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini